Dalam
era globalisasi, fungsi dan peranan sekretaris semakin dibutuhkan oleh para
manajer. Para manajer dalam memanfaatkan waktunya lebih berkonsentrasi pada
tugas managerialnya yang penuh tantangan itu dan segala pekerjaan staf
didelegasikan kepada sekretarisnya. Sebagai konsekuensi logis sekretaris pun
akan menghadapi tantangan yang tidak ringan.
Untuk
menghadapi tantangan tersebut tidak ada alternatif lain bagi sekretaris kecuali
mengantisipasi situasi yang akan datang dengan mengembangkan diri, melalui
kompetensinya dengan cara :
§ Memiliki
sikap dan kepribadian yang sesuai dengan posisinya sebagai sekretaris
§
Memiliki berbagai pengetahuan yang menunjang pekerjaannya
§
Terampil dalam memakai alat kantor berteknologi tinggi
§
Terampil dalam mengelola kantor
§
Cakap dalam berhubungan dengan pimpinan dan orang lain
§
Menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
Pimpinan
cukup memberi instruksi kepada
sekretaris secara garis besar dan memberi delegasi secukupnya, selanjutnya
menjadi tanggung jawab sekretaris untuk menindak lanjuti, termasuk memecahkan
masalah yang dihadapi dalam setiap menyelesaikan tugasnya.
Tugas-tugas
sekretaris itu meliputi :
1. Tugas
Administrasi Tugas ini meliputi :
§
Korespondensi § Filling
§
Mengambil dan menyalin dikte dari pimpinan
§
Mengurus surat masuk dan surat keluar § Travel Arrangements
§
Organize meeting § Making appointments § Handling all confidential matters
2. Tugas
Receptionist
§
Menerima dan menjawab telepon
§
Mencatat pesan-pesan lewat telepon
§
Menerima dan melayani tamu baik yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan
§
Mencatat janji-janji untuk pimpinan
3. Tugas
Keuangan
§
Mengurus keuangan pribadi pimpinan dengan bank
§
Membayar rekening-rekening, pajak, sumbangan
§
Membuat dan mengelola kas kecil (petty cash)
§
Membuat laporan perjalanan dinas pimpinan
4. Lain-lain
§
Personal matters
§
Monitoring and procuring order Contohnya : mengecek stock stationary, kertas
fax, office supplies, dan lain sebagainya
§
Menterjemahkan § General Affair duties. Contohnya : menghitung saldo cuti
karyawan, menghitung uang lembur,
menghitung uang makan siang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar